Penglihatan Mata Kucing

Mata Kucing

source: cattery.co.id

            Assalamu’alaikum teman-teman, apa kabar ? kalian sehat kan ? Nah kali ini saya mau berbagi artikel tentang penglihatan dari seekor hewan unik yang sering ada di sekitar kita, yaitu kucing.
            Pernahkan kalian berpikir seperti apa kucing melihat dunia ? Struktur mata kucing dan mata kita sama, yaitu sepert penjelasan di artikel sebelumnya yaitu pada artikel bagian-bagian mata. Tapi cara kucing menangkap cahaya sungguh berbeda.
            Sebagai hewan predator, kucing membutuhkan kapabilitas untuk melihat adanya pergerakan mangsa dalam kondisi seminimal mungkin. Untuk itu mereka mengorbankan beberapa detail persepsi warna agar dapat melihat mangsa di sekitar mereka. Bisa dikatakan kucing tidak punya penglihatan 12 warna seperti kita. Mereka hanya bisa membedakan warna hijau, biru, dan kuning. Namun hal ini membuat kucing dapat melihat dalam gelap atau bisa disebut penglihatan malam karena memiliki jumlah batang sel lebih banyak.

source; national geographic Indonesia

            Ketika mata kucing terkena sedikit cahaya irisnya akan mengatur pupil membesar lebih dari 90% sehingga mereka dapat melihat dengan cahaya minim. Tapi sebaliknya jika cahaya terlalu banyak maka iris akan mengatur pupil untuk mengecil sehingga membentuk elips.
             Ada sebuah lapisan pada mata kucing yang tak dimiliki oleh manusia yang yang disebut Kristal Tapetum Lucidum terletak di belakang retina. Yang berfungsi memantulkan cahaya dua kali ke retina, sehingga memudahkan kucing melihat dalam gelap. Selain itu, lapisan ini juga yang membuat mata kucing seolah bersinar di malam hari.
            Pada mata kucing, terdapat membran ketiga yang disebut “nictitating  membrane”. Membran ini transparan, dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Sebagai contoh, kucing dapat mengedipkan mata mereka tanpa harus menutup semuanya. Membran ketiga ini memungkinkan mata kucing terlindungi ketika berburu. Selain itu, benda – benda lain seperti debu tidak mengenai mata mereka, sehingga mata mereka tetap bersih dan lembab; sehingga kucing tidak perlu sering mengedipkan matanya seperti manusia. Jika kucing mengedipkan mata mereka sepanjang waktu seperti manusia agar matanya tetap bersih dan lembab, hal ini akan menimbulkan kesulitan bagi mereka di saat berburu.
 source: google.co.id
            Selain itu jangkauan periferal kucing manusia adalah 20o di setiap sisi, sedangkan kucing 30o. Secara umum ranah visual kucing lebih besar yang 200o, sedangkan manusia hanya 180o.
            Namun yah namanya juga makhluk tak ada yang semprna. Karena penglihatan jarak jauh kucing tak begitu bagus. Benda yang dapat dilihat oleh manusia pada jarak 30 meter baru dapat dilihat kucing pada jarak 6 meter. Selain itu penglihatan mereka tak dapat membedakan warna cokelat, jingga, dan merah. Sehingga penglihatan mereka di siang hari agak pudar.
* all article above is sourced from National Geographic Indonesia and id.harunyahya.com that has changed



            source: national geographic Indonesia

 Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat.... :)
Terima kasih atas kunjungan kalian. Untuk kritik dan saran silakan kirim di komentar atau di media sosial.
E- Mail: rizkiismail30082001@gmail.com
Facebook: Muhamad Rizki Ismail
Twitter:  @rizkiismail9a
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lambang Kekuatan BoBoiBoy

Kumpulan Gambar BoBoiBoy Animasi Bergerak